Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Patung Budha Tidur, Trowulan-Mojokerto, Jawa Timur

Patung Buddha Tidur Terbesar No.3 di Dunia ada di Indonesia?

Entah kenapa tiba-tiba kami pada saat itu juga pada bulan January kemarin memutuskan untuk merapat ke Mojokerto, kota dengan pemegang rekor sebagai kota terkecil di Jawa Timur dengan penduduk terpadat. Meskipun Mojokerto kota terkecil, setidaknya disini terdapat situs sejarah yang dilindungi Situs Trowulan karena merupakn pusat kerajaan Majapahit pada masa lalu. Dan hal itulah yang membuat kami untuk segera meluncur ke kota kecil ini.
Kedatangan kami ke Kota ini untuk melihat secara langsung Peninggalan Jaman dahulu yang bernama The Sleeping Buddha atau Patung tidur Trowulan. Uniknya, ternyata The Sleeping Buddha ini terbesar di Indonesia sehingga MURI pun memasukkan patung ini ke dalam daftar rekornya. Bahkan, konon katanya,  kami mendengar bahwa Patung Buddha tidur ini merupakan yang terbesar ketiga di Dunia. Benarkah?
Lebih mengejutkan lagi ternyata Patung Buddha tidur ini terletak di Mojokerto, kota tetangga kami, yang hanya memakan waktu 1-1,5 jam perjalanan saja dengan kendaraan roda dua.
The Sleeping Buddha Trowulan
 Perjalanan kami dari dimulai dari Surabaya tepatnya Pkl. 15.00 WIB kami berangkat. Perjalanan dari Surabaya ke Mojokerto hanya memakan waktu 1-1,5 jam saja. Sesampainya kami di sana, kami sudah di tunggu dengan sahabat kami yang bernama Oye' dan Pacarnya Fery *mungkin sekarang mantan ya*.
Tanpa basa-basi kami segera menuju ke Desa Bejijong, dikarenakan sudah sore kami takut tidak sempat kesana akhirnya kami berangkat dengan terburu-buru mengejar waktu. Patung Buddha Tidur ini dibangun di dalam kompleks Maha Vihara Mojopahit di desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Letaknya cukup strategis karena berada di jalan lintas Surabaya – Mojokerto – Jombang. Jadi kalau mau naik bus dari Surabaya, kita bisa mengambil jurusan Jombang kemudian meminta diturunkan di Trowulan. Setelah itu dari jalan utama, kita harus berjalan kaki ke kompleks vihara yang cukup tersembunyi di belakang rumah-rumah penduduk.
Sebenarnya dengan naik kendaraan cukup jauh untuk masuk ke dalam, akhirnya setelah berkendara selama +/- 10 menit kami sampai di kompleks vihara yang dituju. Suasana kala itu cukup sepi tidak ada pengunjung ataupun kendaraan pengunjung yang terparkir di sana, mungkin dikarenakan hari sudah menjelang malam.

Gak bisa masuk, ditutup pagarnya :(
Crystal, Oye', Fery
Panjang Patung Buddha Tidur ini 22 m, lebar 6 m, dan tinggi 4,5 m. Pembuatan patung sendiri dilaksanakan pada tahun 1993 oleh YM Viryanadi Maha Tera. Bahannya menggunakan beton yang pemahatannya dikerjakan oleh pengrajin patung asal Trowulan. Selain Patung Buddha Tidur, di dalam kompleks ini juga terdapat vihara yang dapat digunakan untuk sembahyang oleh umat Buddha yang sedang berkunjung. Di salah satu sudut kompleks, kami juga dapat menemukan miniatur Candi Borobudur dan patung-patung Buddha berukuran lebih kecil dalam berbagai sikap.

Patung Buddha berbagai sikap
 Sebenarnya Tiket masuk Budha Tidur Maha vihara bagi wisatawan lokal sebesar Rp 5.000/orang, tapi dikarenakan kami datang dalam menit-menit penutupan kami tidak membayar tiket masuk (inilah yang kami demen), selain dapat menyaksikan Budha Tidur Maha vihara ada juga beberapa patung budha lainnya di kawasan kompleks objek wisata Trowulan ini seperti patung budha berwajah 4 atau yang lebih dikenal dengan sebutan Budha Four Face serta miniatur dari Candi Borobuddur.
miniatur candi Borobudur

oye' & Mad

We are cimara adv
Tak lama kami disana kami pun memutuskan untuk segera pulang dikarenakan hari sudah semakin gelap. Tak lupa dalam perjalanan pulang kami mampir di 'Bakso Mama', bakso ini salah satu kuliner wajib jika kalian berkunjung ke Kota Mojokerto.

'Bakso Mama'
Perjalanan kita kali ini adalah untuk mengenal sejarah Indonesia. Berpetualang sekaligus belajar.
Special Thanks for Oye' dan Feri yang sudah menemani perjalanan kami kali ini.